news general topic

Thursday, May 27, 2010

Tempat Wisata Di Bogor

Tempat Wisata  Di Bogor. ANDA bisa melihat tingkah laku berbagai jenis satwa dari berbagai dunia yang dilepas bebas. Pemandangan itu hanya bisa dilihat di Taman Safari Indonesia Cisarua, Bogor, Jawa Barat, yang merupakan tempat wisata di bogor.

Nah, Taman Safari Indonesia merupakan tempat yang pas untuk menghabiskan liburan sekolah. Taman Safari Indonesia yang berlokasi di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, bukan hanya tempat wisata biasa.

Objek wisata nasional/Lembaga Konservasi Eks-Situ Taman Safari Indonesia itu mempunyai fungsi konservasi, pendidikan, penelitian, dan rekreasi. Tempat itu sebagai tempat mendidik dan menghibur sehingga liburan Anda bersama anak-anak akan terasa lebih bermakna.

Dari aspek konservasi, Taman Safari Indonesia telah berhasil dalam mengembangbiakkan satwa langka, khususnya satwa asli Indonesia, di antaranya harimau sumatra, gajah sumatra, anoa dengan menggunakan sistem inseminasi buatan. Pengembangbiakan itu bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor.

Taman Safari Indonesia juga memiliki jenis satwa lainnya dan jenis burung langka, yaitu cendrawasih, curik bali, kakatua serta satwa lainnya yang telah dikembangbiakkan melalui satwa melalui program konservasi eks situ.

Taman Safari Indonesia yang terletak di daerah penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dengan ketinggian 900-1.800 di atas permukaan laut itu merupakan perpaduan antara kebun binatang modern dan wisata alam.

Objek wisata yang dibuka untuk umum sejak 1986 itu memiliki koleksi satwa lebih dari 2.500 ekor yang terdiri dari 200 jenis.

Sementara itu, dari aspek rekreasi, Taman Safari Indonesia merupakan sebuah taman rekreasi keluarga berwawasan lingkungan. Taman Safari yang berada di kawasan puncak itu dilengkapi berbagai macam fasilitas dan wahana yang menarik.

Beberapa wahana tersebut di antaranya adalah Safari Water Park. Anda dan keluarga dapat berenang di air pegunungan yang sejuk. Bukan cuma itu, Anda juga dapat melihat akuarium ikan hias, peragaan linsang, dan berenang dengan buaya.

Safari Water Park dibangun di atas tanah seluas 2 ha, berdinding perbukitan yang banyak terdapat pohon hijau. Di tempat itu Anda dapat berenang di air pegunungan yang sejuk. Bahkan, sambil berenang pun Anda dapat melihat koleksi berbagai ikan hias di akuarium, peragaan linsang, dan berenang dengan buaya.

Safari Water Park ini sengaja dibangun dengan konsep suasana alami, didukung dekorasi bebatuan, dan kayu-kayuan. Di dalam areal itu juga terdapat pendopo ala Afrika, fasilitas kamar salin, dan dilengkapi pula dengan fasilitas permainan seperti spiral water slide, lazy river, dan kiddy pool yang dapat dinikmati anak-anak.

Kampung Papua

Tidak hanya Safari Water Park, Taman Safari Indonesia juga menambah fasilitas baru yang tidak kalah menariknya, yaitu Kampung Papua.

Kampung Papua sangat unik karena untuk menuju kampung itu Anda harus terlebih dahulu memasuki area taman buaya. Di tempat itu Anda dapat melihat koleksi berbagai jenis buaya.

Selanjutnya, dari taman buaya akan menuju Pulau Komodo yang bangunannya berarsitektur etnis Nusa Tenggara Timur dihiasi dengan perahu-perahu nelayan. Di Pulau Komodo, Anda dapat melihat proses komodo bertelur dari balik kaca, melewati lorong untuk memasuki areal komodo lainnya.

Setelah melewati Pulau Komodo, Anda akan menemui Kampung Papua dengan bangunan berarsitektur Papua. Anda akan melewati jalan setapak yang dikelilingi pagar kayu.

Di Kampung Papua, Anda dapat melihat dari dekat sejumlah koleksi satwa asal Papua, di antaranya kanguru pohon, kanguru semak (walabi), kura-kura irian, berbagai jenis burung cendrawasih, burung kasuari dan jenis satwa lainnya.

Untuk lebih lengkapnya, dalam bangunan adat Papua juga terdapat ruangan mini yang menampilkan adat kebudayaan Papua.

Atraksi penguin

Tidak jauh dari Kampung Papua, pengunjung dapat melihat koleksi satwa lainnya yang mempunyai daya tarik tersendiri. Satwa tersebut adalah penguin hamboldtyang ditempatkan dalam kandang berbentuk kapal karam yang menabrak es.

Atraksi itu seakan-akan menceritakan para penguin tersebut terdampar. Anda dapat melihat para penguin di dalam kapal dari balik akuarium raksasa, dari rumah iglo, maupun dari atas kapal. Anda dapat memberikan makanan berupa ikan pada waktu-waktu tertentu.

Sangat menyenangkan melihat para penguin berenang di air jernih. Penguin-penguin tersebut juga sudah ada yang berkembang biak.

Berjarak 50 meter dari lokasi penguin, akan dijumpai nocturnal house dengan berbagai koleksi satwa malam, akuarium raksasa dengan berbagi jenis ikan air tawar, di antaranya ikan arapaima, catfish, dan ikan bawal. Selain itu, ada pulareptil house.

Di Taman Safari Indonesia, Anda juga dapat menyaksikan peragaan satwa menarik lainnya di panggung pertunjukan.

Salah satunya adalah pertunjukan Wild Wild West Cowboy Show yang melibatkan lebih dari 10 jenis satwa, termasuk tikus dan kucing.

Semua pertunjukan itu disuguhkan tanpa dipungut biaya tambahan.

Taman Safari Indonesia juga mempunyai program menarik lainnya, yaitu safari malam dengan menggunakan kereta wisata yang hanya dibuka setiap malam Minggu.

Loket buka pada pukul 18.30- 21.00 WIB. Selain melihat satwa pada malam hari, Anda akan disuguhi pertunjukan aneka satwa danfire dance.

Bagi Anda yang senang berpetualang, di Taman Safari Indonesia juga terdapat program safari trek. Program jalan-jalan di hutan itu buka setiap Sabtu, Minggu, dan hari besar.

Mengingat banyaknya wahana dan pertunjukan yang ada di Taman Safari Indonesia rasanya waktu sehari tidak cukup. Nah, bagi Anda yang ingin bermalam, Taman Safari Indonesia menyediakan pula fasilitas penginapan yang nyaman bagi keluarga. Anda tinggal pilih, ingin tinggal di hotel, dalam karavan, atau berkemah?

Fasilitas penginapan yang ada Taman Safari Indonesia, yaitu Caravan Camping Ground, bungalo, Safari Lodges, dan Kemah Resor (tenda). Berlibur di Taman Safari Indonesia sangatlah mengasyikkan!

Popular Posts

adf.ly

trafficrevenue

amung.us