news general topic

Saturday, November 13, 2010

Obama ke Indonesia Lagi Tahun Depan

Obama ke Indonesia dan membuat simpati rakyat indonesia, apalagi dengan isi pidato obama yang dicampur dengan bahasa indonesia, seperti ucapan yang jadi trend yaitu "pulang kampung nih...". Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama menyatakan akan kembali ke Indonesia, tahun depan. Ia akan datang dalam East Asia Summit, 2011, di mana Indonesia menjadi tuan rumahnya.

“Kali ini pertemuan yang singkat,” katanya di hadapan ribuan peserta pidato Obama untuk Indonesia, di Balairung Universitas Indonesia, hari ini. Pada awal pidato, ia menyampaikan permohonan maaf karena beberapa kali batal datang ke Indonesia.

Suami dari Michelle ini mengatakan, ia bersimpati atas musibah Gunung Merapi dan tsunami, terutama bagi keluarga yang ditinggalkan orang terkasih. Ia menyatakan, Amerika siap membantu jika dibutuhkan.

“Indonesia menjadi bagian dari saya,” katanya. Ia juga menyinggung kenangan masa ibu dan bapaknya menikah. Ayahnya adalah Lolo Soetoro. Yang kemudian melahirkan adik Obama, yakni Maya Soetoro.

Obama datang ke Indonesia pada tahun 1967, ketika ia masih kanak-kanak. Ia tinggal selama 4 tahun. Namun situasi Jakarta telah berubah. Sekarang, kata Obama, kota telah dipenuhi bangunan menjulang tinggi. Dulu hanya ada Sarinah, yang menjulang tinggi. Dan becak sebagai kendaraan umum.

Ia mengatakan, sebagai warga yang tinggal di kawasan Menteng, saat itu ia tinggal di sebuah rumah yang di depannya ditumbuhi pohon mangga. “Saya belajar mencintai Indonesia saat bermain layang-layang, berlari di antara sawah, mengejar capung, dan membeli sate dan bakso dari pedagang keliling,” katanya yang seling seling menggunakan bahasa Inggris dan Indonesia.

Menurutnya, kehadirannya ke Indonesia saat ini adalah di luar dugaan. Karena ia bisa bertemu dengan teman masa kecilnya, ketika ia sudah menjadi Presiden.

Popular Posts

adf.ly

trafficrevenue

amung.us